6 Tahap Terjadinya Xerophthalmia

Anda saat ini sedang mengalami xerophthalmia? Ketahui Tahap Terjadinya Xerophthalmia Secara Saksama!!

Xerophthalmia merupakan penyakit mata progresif yang ditandai dengan mata yang kering. Penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan serius pada kornea mata dalam bentuk bercak putih dan tukak kornea. Apabila tidak diobati dengan benar, maka penyakit ini dapat mengarah pada kebutaan.

Kelompok orang yang rentan terkena Xerophthalmia adalah wanita hamil dan anak-anak. Sekitar 4,4 juta usia balita dan 6 juta wanita hamil mengalami Xerophthalmia setiap tahun. Penanganan xerophthalmia harus dilakukan segera dengan terapi suplemen Vitamin A. Namun, penanganan tersebut tergantung dari kondisi dan gejala yang dialami penderita.

Penyebab Xerophthalmia

Xerophthalmia umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Dalam kondisi normal, vitamin A atau retinol didapat dari bahan makanan yang larut dalam lemak, baik dari bahan makanan hewan seperti hati ikan, ayam, produk susu, telur, bahkan makanan nabati serta minyak kelapa sawit merah. Orang yang rentan terkena penyakit in adalah wanita hamil dan anak-anak.

Efek lain dari vitamn A pada penglihatan yang berpengaruh secara tidak langsung adalah pada epitel kornea dan konjungtiva. Pada keadaan defisiensi, epitel menjadi kering dan terjadi keratinisasi seperti tampak pada gambaran Xerophthalmia. Xerophthalmia yang tidak segera diobati maka akan menyebabkan kebutaan.

Asupan vitamin A untuk orang yang sehat berbeda berdasarkan usia. Untuk pria dewasa, asupan vitamin A setiap hari adalah sebanyak 900 mikrogram. Untuk wanita dewasa adalah sebanyak 700 mikrogram per hari. Sedangkan untuk anak-anak, asupan vitamin A per hari adalah sekitar 600 mikrogram untuk usia di bawah 13 tahun, 400 mikrogram untuk usia di bawah 8 tahun, serta 300 mikrogram untuk usia 1-3 tahun.

6 Tahap Terjadinya Penyakit Xerophthalmia

>> Buta Senja

Buta senja disebut juga dengan rabun senja. Fungsi fotoreseptor menurun. Tidak terjadi kelainan pada mata (mata terlihat normal), namun penglihatan menjadi menurun saat senja tiba, atau tidak dapat melihat dalam lingkungan yang kurang cahaya. Untuk mengetahu keadaan ini, penderita sering membentur atau menabrak benda yang berada didepannya. Apabila penderita adalah anak yang belum dapat berjalan, agar susah untuk mendeteksinya. Biasanya anak akan memojok dan tidak melihat benda didepannya.

>> Xerosis konjungtiva

Selaput lendir atau bagian putih bola mata tampak kering, keriput dan berpigmentasi pada permukaan sehingga terlihat kasar dan kusam. Mata akan tampak kering atau berubah menjadi kecoklatan, inilah tahap ke 2 terjadinya xerophthalmia.

>> Xerosis Konjungtiva dan bercak bitot

Sama seperti tahap yang kedua, namun pada tahap ini ditambah dengan bercak seperti busa sabun atau keju, terutama didaerah celah mata sisi luar. Mata penderita umumnya tampak bersisik atau timbul busa. Dalam keadaan berat, tampak kekeringan meliputi seluruh permukaan konjungtiva, dan konjungtiva tampak menebal, berlipat dan berkerut.

>> Xerosis kornea

Tahap terjadinya xerophthalmia yang berikutnya yaitu kekeringan pada konjungtiva yang berlanjut hingga kornea, sehingga tampak kering dan suram serta permukaan kornea tampak kasar. Hal ini umumnya terjadi pada anak yang bergizi buruk, menderita penyakit campak, ISPA, diare dan sebagainya.

>> Keratomalasia dan ulserasi kornea

Kornea melunak seperti bubur dan terjadi ulkus kornea atau perlukaaan. Pada tahap keratomalasia jika kelainan mengenai kurang dari 1/3 permukaan kornea, sedangkan pada tahap ulserasi kornea jika kelainan mengenai sama atau lebih dari 1/3 permukaan kornea. Keadaan umum penderita sangatlah buruk. Pada tahap ini terjadi percahnya kornea. Apabila penderita telah sampai pada tahap ini, maka akan terjadi kebutaan yang tidak dapat disembuhkan.

>> Xerophthalmia Scars

Tahap ini disebut juga dengan jaringan kornea. Kornea mata tampak memutih atau bola mata tampak mengempis. Apabila penderita sudah mencapa tahap ini, maka kebutaan tidak dapat disembuhkan.

Tahukah Anda? Kini Xerophthalmia Dapat Disembuhkan Dengan Cara Alami Menggunakan Obat Tradisional Xerophthalmia

Walatra Sehat Mata Softgel obat herbal Asli Indonesia yang diproduksi oleh CV. JOGJA NATURAL HERBAL yang terbukti dapat memberikan nutrisi pada mata, memenuhi kebutuhan mata, menjaga kesehatan mata, serta dapat mengobati berbagai penyakit mata secara alami tanpa menimbulkan efek samping sehingga dipercaya sebagai obat tradisional xerophthalmia.

Mau Tahu Cara Kerja Walatra Sehat Mata Softgel Sebagai Obat Tradisional Xerophthalmia?

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN 24 JAM NON-STOP

0852 6143 6601 (Via Tlp/SMS/WhatsApp)
5D55CD3A (Via BBM)
Hari Libur Tetap Buka
(Termasuk Hari Libur Nasional)

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
6 Tahap Terjadinya Xerophthalmia
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp/SMS/WhatsApp) – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.