Anjuran Makanan Penderita Gastritis

Waspadai Penyakit Gastritis!!!

Gastritis merupakan kondisi saat lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Lambung memiliki sel-sel penghasil enzim dan asam yang beguna untuk mencerna makanan. Untuk melindungi lapisan lambung dari peradangan atau pengikisan asam, sel tersebut akan menghasilkan lapisan lendir yang disebut mucin.

Penyebab Gastritis

Penyebab Utama terjadinya penyakit gastritis yaitu pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama, serta stres. Selain penyebab tersebut, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit gastritis, berupa:

  • Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein
  • Makanan dengan tekstur yang keras dan dikonsumsi dalam keadaan panas seperti bakso
  • Jadwal makan yang tida teratur sehingga membuat lambung susah beradaptasi
  • Stres dapat mengakibatkan perubahan hormonal dalam tubuh dan merangsang sel dalam lambung yang berlebihan

Gejala Gastritis

Penyakit gastritis termasuk dalam penyakit yang berbahaya karena membuat lambung meradang, jika penyakit ini dibiarkan begitu saja maka dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui tanda dan gejala dari penyakit gastritis ini, berikut beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita gastritis:

  • Rasa mual dan kembung
  • Mudah merasa kenyang
  • Nafsu makan menurun
  • Sering bersendawa terutama dalam keadaan lapar
  • Suhu badan meningkat
  • Nadi cepat
  • BAB berdarah
  • Muntah darah

Saat makanan menjadi salah satu pemicu kambuhnya gastritis, maka penderita perlu mengetahui makanan dan minuman bagaimanakah yang aman untuk dikonsumsi. Makanan penyebab kambuhnya gastritis sangat banyak macamnya. Itulah sebabnya, penderita harus ekstra hati-hati dalam memilih makanannya. Beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini dapat digunakan untuk mengurangi gastritis.

  • Sayuran Kol

Kol dikenal mengandung asam amino glutamin untuk meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu perlindungan pada lapisan mucosa lambung dan mengobati luka pada saluran pencernaan. Meski banyak dihindari karena mengandung gas banyak, namun banyak ahli kesehatan memanfaatkan kol untuk atasi penyakit maag.

  • Pisang

Pisang memiliki teksturnya lunak dan lembut. Warna kuning pada pisang dihasilkan dari kalium yang dapat mestrabilkan asam lambung. Pisang merukana anjuran makanan bagi penderita gastritis. Pisang dapat memberikan efek kenyang sehingga mana dikosnumsi di antara waktu makan. Pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stres dan depresi.

  • Buah Alpukat

Alpukat memiliki kandungan gizi dan serat yang baik untuk kesehatan lambung. Buah ini akan mengurangi kerusakan hati dan menghentikan kerja virus yang menyebabkan hepatitis. Alpukat memiliki kadar lemak yang cukup tinggi dan kaya akan vitamin A, B, C, B12, B kompleks, E serta D. Selain daging buah alpukat, bijinya juda dapat dimankaat dengan cara diparut, disaring kemudian diminum airnya.

  • Susu

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Anda harus memilih varietas rendah lemak atau bebas lemak bila memungkinkan. Susu akan membantu mengontrol produksi asam lambung. sumber vitamin D dan kalsium yang 1/2 cangkir rendah lemak es krim, 1 cangkir yogurt rendah lemak, 2 ons keju, 4 ons puding, 2 telur atau 8 ons rendah lemak atau susu skim.

  • Daging, Unggas dan ikan

Anjuran makanan penderita gastritis yang selanjutnya yaitu Daging, Unggas dan ikan Pilihan terbaik adalah ramping, daging lembut, unggas tanpa kulit, seafood, ikan, kerang, tahu dan kacang kedelai. Biasanya, panas sekali, memanggang atau memanggang adalah metode memasak terbaik ditoleransi.

  • Air Mineral

Cairan yang penting untuk membersihkan saluran pencernaan dan melembutkan serat. Air adalah minuman utama berguna untuk mengisi ulang tubuh, dan tidak menyebabkan iritasi. Anda harus minum antara enam dan delapan gelas 8 ons cairan per hari.

  • Suplemen herbal

Herba telah digunakan selama berabad-abad untuk melawan gejala gastritis. Anda dapat menggunakannya dalam bentuk kapsul, seduhan (1 sdt. herba per cangkir air panas), atau sebagai ekstrak. Kami memiliki berbagai obat herbal untuk dijadikan sebagai cara mengobati gastritis secara alami, salah satunya Walatra G-Sea Jelly Gamat yang telah terbukti ampuh dalam mengobati gastritis tanpa menimbulkan efek samping dan tidak ketergantungan. Mau tahu informasi lengkapnya? Yukk Klik Disini!!

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Anjuran Makanan Penderita Gastritis
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp/SMS/WhatsApp) – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    benjolku anjuran untuk penderita ?, buah yang aman untuk penderita gastritis, makanan untuk gastritis
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.