Anjuran Makanan Penderita Katarak

WASAPADAI SERANGAN PENYAKIT KATARAK!!

Katarak merupakan bagian keruh pada lensa mata yang umumnya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang umum terjadi. Seiring bertambahnya usia, lensa mata perlahan-lahan akan keruh dan berkabut, jadi katarak merupakan penyakit yang biasa terjadi seraya kita bertambah tua.

Katarak merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Katarak dapat terjadi pada bayi atau anak-anak (katarak anak-anak) meski kemungkinannya sangat kecil. Di Indonesia diperkirakan sekitar 210.000 penderita baru yang muncul setiap tahunnya dan lebih dari 50% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak.

Gejala Katarak

Penyakit ini berkembang selama bertahun-tahun dan tanap disadari oleh penderitanya. Katarak tidak menimbulkan rasa sakit ataupun iritasi. Penderita katarak biasanya akan mengalami penglihatan yang samar dan berkabut, kemudian akan muncul bintik saat penglihatannya kurang jelas. Kondisi ini dapat memengaruhi pandangan Anda dengan cara seperti:

  • Mata yang sensitif saat terkena cahaya menyilaukan
  • Sulit melihat cahaya remang-remang terutama saat malam hari
  • Semua menjadi telihat ganda
  • Ukuran lensa kacamata yang sering berubah
  • Disekeliling cahaya terang (seperti lampu mobil atai lampu jalan) seperti ada lingkaran cahaya
  • Warna yang terlihat memudar atau menjadi tidak jelas

Penyebab Katarak

Penyebab utam terjadinya katarak belum diketahui secara pasti. Seiring bertambahnya usia, protein yang membentuk lensa mata akan berubah, termasuk kandungan airnya, inilah yang memungkinkan lensa mata yang tadinya bening berubah menjadi keruh. Ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kataraknya diantaranya:

  • Mata yang terpajan sinar matahari dalam waktu lama
  • Penyakit tertentu seperti diabetes, peradangan bagian tengah mata (uveitis) jangka panjang
  • Pernah menjalani operasi mata
  • Pernah mengalam cedera pada mata
  • Memiliki riwayat katarak dalam keluarga
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Kekurangan Vitamin
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras
  • Merokok

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk membantu dalam proses penyembuhan penyakit katarak yaitu dengan mengatur pola makan. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin telah ditunjukan dalam beberapa penelitian dikatkan dengan penurunan risiko katarak. Beberapa penelitian mengatakan bahwa sifat antioksidan, vitamin C dan vitamin E dapat melindungi terhadap perkembangan penyakit katarak. Berikut beberapa anjuran makanan bagi penderita katarak yang dapat mempercepat penyembuhan katarak:

Salmon

Dr. Joseph Mercola, penulis The No-Grain Diet menyatakan bahwa salmon kaya akan Astaxanthin yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menghambat pembentukan katarak. Selain itu salmon juga mengandung DHA dalam jumlah banyak, sebuah studi menemukan bahwa wanita yang makan ikan tiga kali seminggu mengurangi risiko katarak.

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan mata karena kaya akan lutein, sutau senyawa karotenoid yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna-warni dan melindungi sel dari kerusakan. Hasil percobaan labiratorium pada sel lensa manusia menunjukan bahwa lutein dan zeaxanthin, yang ditemukan dalam tenaman seperti kangkung, bayam dan collard hijau dapat membantu melindungi sel dari paparan sinar ultraviolet yang menjadi penyebab dari katarak.

Alpukat

Alpukat yaitu salah stau bauh yang kaya akan nutrisi, sehingga tak heran apanila alpukat sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Alpukat merupakan sumber nutrisi mata penting seperti beta-keraton, vitamin C, vitamin B6, serta vitamin E.

Makanan yang mengandung vitamin C

Antioksidan melindungi sel dari radikal bebas, molekul tidak stabil yang merusak sel sehat. Antioksidan dan Vitamin c mampu mengurangi risiko terkena katarak dan meperlambat perkembangan katarak serta mengurangi kebutuhan untuk operasi katarak.

Mengonsumsi setidaknya 250 mg vitamin C setiap hari dapat bermanfaat untuk kesehatan mata. Lima porsi buah dan sayuran yang dipilih dapat memberikan 100 mg atau lebih vitamin C. Makanan yang kaya akan vitamin C yaitu jeruk, pepaya, melon, paprika hijau, tomat, stoberi dan brokoli.

Makanan Kaya Akan Vitamin E

Sumber vitamin E yaitu gandum, almond, biji bunga matahari, minyak bunga matahari, minyak safflower, halzenut, serta kacang. Vitamin E juga ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti brokoli. Vitamin E merupakan antioksidan yang bisa membantu mengurangi risiko katarak.

Makanan yang mengandung betakeraton

Beta-keraton dikenal untuk melindungi terhadap kanker dan penuaan sert a mencegah pembentukan katarak. Beta-keraton adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang terbaik untuk memasangkan sumber makanan Anda dari beta-keraton dengan lemak seperti kacang atau minyak untuk membantu dalam penyerapan. Anda bisa menemukan beta-keraton dalam ubi jalar, kangkung, wortel, lobak, sawi, dan bayam.

Suplemen Khusus Mata

Suplemen khusus mata yang dapat memperbaiki dan mempercepat penyembuhan katarak yaitu obat tradisional katarak terampuh dari Walatra Sehat Mata Softgel yang telah terbukti ampuh dalam mengobati penyakit katarak secara aman tanpa harus melakukan operasi.

Anda ingin membeli obat tradisional katarak terampuh dari Walatra Sehat Mata Softgel? Yukk Klik Disini!!

Best regards,
Ilham Nur Rizky Muharram
Anjuran Makanan Penderita Katarak
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    makanan untuk penderita katarak, makanan penyebab katarak, makanan untuk mata katarak, buah untuk mata katarak, makanan yang d hindari penderita katarak, makanan yang di anjurkan untuk lansia katarak, makanan yang dianjurkan untuk penderita katarak, makanan yg bisa mengatasi katarak, makanan yg mendukung penyembuhan katarak, makanana katarak, anjuran makanan untuk pnderita katarak, makanan untuk menyembuhkan penyakit katarak, makanan untuk mengobati katarak, makanan sehat penderita katarak, makanan penyakit katarak, makanan atau sayuran apa yg harus di makan untuk menyembuhkan mata katarak, makan jeroan bagi penderita katarak apa kah boleh, buah yang baik untuk mata katarak, buah buahan yang baik u8ntuk mengobati katarak, Mknan bg pnderita katarak
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.