Cara Mengobati Anemia Aplastik

BAHAYA PENYAKIT ANEMIA APLASTIK

Anemia aplastik merupakan kelainan darah yang terjadi saat sumsum tulang belakang berhenti memproduksi sel darah baru, baik sel darah merah, darah putih, ataupun trombosit. Sel darah pada tubuh manusia memiliki peran yang berbeda, sel darah merah berperan sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh, sel darah putih berfungsi untuk melawan infeksi, dan trombosit berperan mencegah pendarahan.

Anemia aplastik yaitu penyakit langka yang dapat terjadi pada pria dan wanita disemua usia. Kelainan ni lebih banyak ditemukan pada orang yang berusia 20-an dan usia lanjut yang tinggal di negara berkembang termasuk Indonesia. Anemia Aplastik dapat terjadi secara bertahap dalam hitungan minggu dan bulan dan juga dapat timbul secara riba-tiba. Anemia aplastik dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

  • Anemia Aplastik keturunan – Kelainan genetika yang lebih banyak terjadi pada anak-anak dan remaja dan berisiko menyebabkan penyakit lain, seperti leukimia
  • Anemia Aplastik bukan keturunan – Kondisi ini sering terjadi pada orang dewasa karena sistem imun yang terganggu. Ganggu tersebut disebabkan oleh radiasi atau kemoterapi pada pengobatan kanker, racun kimia, virus HIV.

Penyebab Anemia Aplastik

Anemia aplastik terjadi karena kerusakan sumsum tulang, sehingga mengakibatkan produksi sel darah melambat atau menurun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan sumsum tulang, berupa:

  • Gangguan auto imun
  • Radiasi dan kemoterapi
  • Infeksi virus
  • pengunaan obat-obatan tertentu
  • Paparan racun kimia
  • Kehamilan

Gejala Anemia Aplastik

Apabila sel darah merahnya yang rendah maka penderita anemia aplastik akan merasakan gejala berupa:

  • Kesulitan bernapas
  • Kelelahan
  • Pusing
  • Pucat
  • Sakit Kepala
  • Sakit dada
  • Aritmia
  • Wajah pucat

Apabila anemia aplastik dibiakan begitu saja maka akan mengakibatkan berbagai komplikasi yang sangat berbahay bagi tubuh, seperti gagal ginjal, penyakit jantung dan leukimia, nahkan dapat mengancam jiwa. Untuk itu segeralah lakukan pengobatan dengan benar, berikut ini beberapa cara mengobati anemia aplastik:

  1. Transfusi Darah
    Salah satu cara mengobati anemia aplastik yaitu dengan melakukan transfusi darah, sebab kondisi anemia aplastik tubuh tidak dapat memproduksi sel darah, maka dibutuhkan subsidi sel darah dari luar.

    Transfusi darah biasanya diberikan melalui selang yang dimasukan dalam pembuluh darah. Sebelum melakukan transfusi darah sebaiknya lakukan pencocokan darah pendonor dengan penerima dan pastikan bahwa pendonor dalam keadaan sehat.

  2. Transplantasi sumsum tulang belakang
    Transplantasi sumsum tulang belakang bekerja untuk menggantikan sel induk yang rusak dengan sel yang sehat berasal dari pendonor. Transplantasi ini merupakan terapi dengan tingkat kesembuhan yang tinggi, namun transplantasi ini tidak mudah untuk dilakukan.

    Bagi penderita dengan saudara kembar, pengobatan ini jauh lebih maksimal dibandingkan dengan terapi lainnya, karena proses ini membantu sumsum tulang belakang untuk kembali bekerja memproduksi sel drah yang butuhkan penderita, sehingga selain lebih maksimal pengobatan ini lebih bertahan untuk jangka panjang.

  3. Terapi Herbal untuk Anemia aplastik

Selain hal diatas, ada beberapa cara lainnya untuk mengobati anemia aplastik yaitu dengan cara herbal yang lebih minim efek samping, berikut beberapa pengobatan herbal yang dapat anda jadikan sebagai cara mengobati anemia aplastik:

  • Buah Kurma

buah kurma telah lama dikenal sangat berkhasiat dan salah satu dapat dikonsumsi untuk pemulihan penyakit anemia aplastik. Dalam buah kurma terdapat kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu penambahan sel darah. Oleh sebab itu kurma dipercaya untuk dijadikan sebagai cara mengobati anemia aplastik.

Baca Juga : Tips Sembuhkan Anemia

  • Jus Strawberry

Buah strawberry dapat membantu pemulihan penderita anemia aplastik secara alami, buah strawberry sangat mudah ditemukan dan dapat diolah sebagai jus, mengonsumsi buah strawberry setiap hari baik bagi penderita anemia aplastik.

  • Sayur Bayam

Cara mengobati anemia aplastik selanjutnya yaitu sayur bayam. Sayur bayam merupakan salah satu sayuran yang telah dikenal sejak lama memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh, yang mana zat besi ini berperan dalam pembentukan sel darah merah.

  • Obat Herbal

Obat herbal tenrtunya terbuat dari bahan alami tanpa mengandung sedikitpun bahan kimia sehingga tidak menimbulkan efek samping, salah satu pobat herbal yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia aplastik yaitu obat tradisional anemia aplastik dari Walatra Gamat Emas Kapsul yang memang telah terbukti khasiatnya dalam mengobati penyakit anemia aplastik.

Ingin Mendapatkan Obat Tradisional Anemia Aplastik Walatra Gamat Emas Kapsul??

Best regards,
Ilham Nur Rizky Muharram
Cara Mengobati Anemia Aplastik
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.