Cara Mengobati Impetigo Pada Anak

Waspadai Penyakit Impetigo Pada Anak !!


Impetigo merupakan infeksi kulit yang diakibatkan oleh bakteri , berupa lepuh atau bercak luka terbuka pada kulit, yang kemudian menimbulkan kerak berwarna kunis atau cokelat. Impetigo dapat menular karena kontak secara langsung antara kulit dengan kulit atau dengan perantara seperti baju, handuk, atau peralatan makan yang telah terkontaminasi bakteri.

Impetigo lebih banyak ditemukan pada anak-anak dari pada orang dewasa. Tingginya interaksi fisik dengan teman sebaya dilingkungan sekolah atau taman bermain membuat anak lebih seringmenjadi korban impetigo.

Penyebab utama terjadinya impetigo yaitu bakteri Staphylococcus aureus atau Strepcoccus pygenes. Penyebaran bakteri in terjadi melalui kontak fisik langsung dengan penderita atau melalui perantara seperti baju, handuk, serbet dan lainnya yang sebelumnya dipakai penderita.

Gejala Impetigo biasanya akan terlihat setelah 4-10 hari sejak terpapar bakteri. Berikut beberapa gejala yang muncul pada penderita impetigo:

  • Kulit melepuh dan berisi cairan yang terasa sakit dan gatal
  • Kulit yang melepuh menyebar dan pecah dalam beberapa jari
  • Pecahan kulit yang melepuh meninggalkan kerak berwarna kuning
  • Muncul bercak merah yang menyerupai luka namun tidak terasa sakit
  • Bercak menyebar dengan cepat

Cara Mengobati Impetigo Pada Anak yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah:

  • Kompres dengan air hangat

Bakteri penyebab impetigo dapat dibasmi dengan hawa panas dari kompres air hangat. Caranya dengan mencelupkan kain bersih dalam air panas lalu peras dan paparkan pada kulit yang terkena impetigo, diamkan selama beberapa menit. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari. Cara ini dilakukan untuk mempercepat pengeringan luka impetigo dan mengurangi gejala gatal.

  • Jaga kebersihan kulit yang terinfeksi

Tubuh yang bersih akan menghindari kulit dari bakteri. Cuci bersih area yang terkena impetigo dengan menggunakan air mengalir atau air hangat dan sabun. Cara ini dilakukan untuk membersihkan luka dan dapat melepaskan sisa-sisa luka yang sudah kering

  • Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman

Bahan katun merupakan bahan yang direkomendasikan sebab memiliki tekstur yang halus dan lembut, bahan katun mampu menyerap keringat karena terdapat pori-pori yang besar yang dapat memp[erlancar sirkulasi udara. Sedangkan pakaian yang ketat hanya akan membuat kulit menjadi iritasi dan membuat luka semakin parah.

  • Cuci pakaian, handuk, seprai penderita setiap hari

Mencuci dan membersihkan barang yang digunakan penderita impetigo secara teratur dapat membantu menjaga kebersihan kulit dan mengurangi risiko penularan impetigo. Cuci dengan air panas dan jemur dibawah terik matahari atau pengering panas untuk membunuh bakteri yang menempel pada barang tersebut.

  • Jangan menggaruk luka dengan tangan

Luka yang akan dibersihkan jangan disentuh dengan tangan kotor bahkan digaruk. Apabila digaruk akan menimbulkan infeksi baru dan lama sembuh. Jika terasa gatal maka olesi saja dengan salep atau oleskan daging dan lendir lidah buaya. Menggaruk luka hanya akan menggagalkan proses pembersihan dan dapat menimbulkan gejala kanker kulit karena luka dapat menyebar dan bernanah.

  • Gunakan Ramuan Herbal

Ramuan herbal yang terbuat dari bahan alam berkualitas tinggi dengan 2 pcara penggunaan yaitu dikonsumsi dan dioleskan pada luka, ramun herbal tersebut yaitu obat tradisional impetigo pada anak Walatra G-Sea Jelly Gamat 100% Ampuh dalam mengobati penyakit impetigo pada anak secara alami tanpa menimbulkan efek samping. Selengkapnya Baca Disini!!

Best regards,
Ilham Nur Rizky Muharram
Cara Mengobati Impetigo Pada Anak
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    impetigo pada anak
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.