Makanan Sehat Penderita Hipoglikemia

WASPADA BAHAYA HIPOGLIKEMIA

Hipoglikemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi saat kadar gula dalam darah berada dibawah kadar normal. Zat gula didapat dari makanan yang kita cerna dan serap, molekul-molekul gula tersebut maduk dalam aliran darah kemudian disalurkan ke seluruh sel-sel yang ada dijaringan tubuh. Namun sebagian besar sel-sel tubuh tidak menyerap gula tanpa bantuan hormon insulin. Insulin berperan sebagai pembuka pintu bagi masuknya zat gula ke dalam sel. Jika jumlah insulin terlalu banyak, otomatis kadar gula darah akan menurun. Itu sebabnya hipoglikemia banyak dialami oleh penderita diabetes karena mereka sering menggunakan insulin.

Gejala Hipoglikemia

Apabila kadar gula darah terlalu rendah maka tubuh termasuk otak, tidak akan berfungsi dengan baik dan jika itu terjadi seseorang yang terkena hipoglikemia dapat mengalami gejala berupa:

  • Lelah
  • Pusing
  • Pucat
  • Bibir kesemutan
  • Gemetar
  • Berkeringat
  • Jantung berdebar-debar
  • Sulit berkonsentrasi
  • Mudah marah
  • Gangguan penglihatan

Penyebab Hipoglikemia

Berikut beberapa penyebab terjadinya hipoglikemia pada orang yang menderita penyakit diabetes:

  • Penggunaan suntikan insulin pada kasus diabetes tipe 1 yang melebihi dosis
  • Menggunakan insulin dengan dosis normal, namun tubuh kekurangan asupan karbohidrat.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras atau alkohol dalam keadaan perut kosong.

Sedangkan beberapa penyebab hipoglikemia pada orang yang tidak menderita diabetes yaitu berupa:

  • Produksi insulin yang terlalu banyak oleh pankreas.
  • Puasa
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras
  • Menderita penyakit yang menyerang kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, ginjal, atau hati.
  • Menderita penyakit Addison (kelainan pada kelenjar adrenal).
  • Kekurangan nutrisi.

Kadar gula darah rendah (hipoglikemia) merupakan gejala diabetes, namun selain itu juga dapat disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan lainnya, obat-obatan, dan makanan. Untuk menjaga kestabilan kadar gual darah Anda, sebaiknya Anda juga harus memperhatikan pola makan yang baik, dan apabila Anda sedang menderita hipoglikemia Anda boleh mencoba makanan berikut agar kadar gula darah Anda meningkat:

Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang baik bagi penderita kadar gula rendah (hipoglikemia). Namun sebaliknya apabila Anda menderita kadar gula darah tinggi sebaiknya hindari konsumsi daging merah karena akan mengakibatkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Keju

Keju dapat meningkatkan gula darah rendah maka baik bagi Anda yang sedang mengalami kadar gula darah rendah (hipoglikemia), namun jika Anda sedang menjalankan diet maka konsumsi keju sangat tidak disarankan karena dapat menggemukan badan.

Wortel

Wortel mengandung karbohidrat yang cukup banyak, yang mana karbohidrat mengandung zat gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah, maka sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita hipoglikemia (kadar gula darah rendah) Selain itu, wortel juga terkenal kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata sehingga ketika mengonsumsi wortel, maka akan banyak memperoleh banyak manfaat untuk tubuh.

Donat

Donat merupakan roti yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Terigu merupakan bahan makanan yang mengandung banyak zat gula. Tidak hanya donat, roti pun terbuat dari tepung terigu dan mengandung banyak zat gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, orang yang mengalami kadar gula darah rendah dianjurkan untuk mengonsumsi donat atau roti yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu.

Jelly Bean

Komposisi jelly bean lebih banyak mengandung gula sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah yang rendah dalam tubuh dengan cepat. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes atau kadar gula darah tinggi dalam tubuh sangat dilarang mengkonsumsi jelly bean karena dapat meingkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat.

Kurma

Selain mengandung vitamin dan mineral, kurma mengandung glycemix index tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dengan cepat. Dngan demikian, mengonsumsi kurma akan mendapatkan banyak manfaat yaitu vitamin, mineral, serta gula. Kurma juga merupakan buah yang termasuk buah mahal karena di Indonesia tidak bisa tumbuh.

Madu

Selain bermanfat sebagai obat, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Madu merupakan makanan yang mengandung zat gula alami karena memang madu dibuat dengan proses yang alami. Jika anda kekurangan gula darah maka konsumsi satu sendok madu setiap hari agar dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Dan salah satu suplemen herbal yang menggunakan madu sebagai bahan pembuatannya yaoitu Obat tradisional hipoglikemia Walatra G-Sea Jelly Gamat. Produk herbal tersebut terbuat dari bahan alami pilihann seperti ekstrak teripang emas, madu dan temulawak… Selengkapnya Baca Disini

Best regards,
Ilham Nur Rizky Muharram
Makanan Sehat Penderita Hipoglikemia
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    buah untuk hipoglikimia, makanan untuk penderita hipoglikemia
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.