Pantangan Makanan Penderita Hipotensi

WASPADAI BAHAYA HIPOTENSI

Hipotensi merupakan suatu keadaan sat tekanan darah dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasanya disebut dengan tekanan darah rendah. Saat darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau disebut dengan tekanan darah. Terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke otak dan organ vital lainnya seperti ginjal dapat terjadi apabila tekanan darah terlalu rendah sehingga mengakibatkan kepala terasa ringan dan pusing.

Penyebab Hipotensi

Pada umumnya tekanan darah dapat berubah sepanjang hari, tergantung pada kegiatan yang sedang dilakukan dan hal yang dianggap normal. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena hipotensi seperti faktor usia, pengobatan, dan kondisi cuaca. Cuaca udara yang lebih panas dapat membuat tekanan darah menurun. Selain itu Anda baru saja makan, tekanan darah juga dapat menurun karena banyak darah yang akan mengalir menuju saluran pencernaan untuk mencerna dan menyerap makanan.

Gejala Hipotensi

Tidak semua orang yang mengalam hipotensi merasakan gejala. Apabila tekanan darah cukup rendah, kemungkinan penderita hipotensi akan merasakn gejala berupa:

  • Jantung berdebar kencang atau tidak teratur
  • Pusing
  • Lemas
  • Mual
  • Pandangan buram
  • Merasa goyah
  • Napas pendek atau cepat
  • Pingsan
  • Dehidrasi

Banyak orang yang belum memahami dengan benar penyebab hipotensi (tekanan darah rendah) yang akibatnya banyak pula yang tidak memperdulikan akibat dikemudian hari yang dapat mengancam jiwa. Berikut beberapa pantangan makanan penderita hipotensi:

  • Makanan Yang digoreng

Apabila Anda ingin memakan makanan yang digoreng sebaiknya buat sendiri dirumah dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak yang tidak mengandunug trans, agar kesehatan jantung dan jumlah sel darah merah tetap terjaga dengan baik. Minyak jenuh yang terdapat dalam minyak yang beberapa kali dipakai yaitu sering digunakn pedagang gorengan pinggir jalan, mempunyai sifat meningkatkan nutrisi tubuh dan darah serta menghambta aliran darah sehingga dapat menimbulkan tekanan darah menurun atau hipotensi

  • Mie Instan

Mie instan memang nikmat namun kendalikan agar tidak terlalu sering mengonsumsinya. Zat pengawet dan zat lainnya dapat menghambat usus dalam mencerna makanan dengan baik, mie instan tidak banyak mengandung serat dan zat besi, maka tubuh akan menolak asupan makanan lain apabila sudah makan mie instan sebab mie bersifat menekan rasa lapar yang akhirnya dapat mengakibatkan hipotensi.

  • Air kelapa muda

Air kelapa muda sebaiknya Anda hindari saat terkena hipotensi, karean selain menjadi penawar racun dalam tubuh, air kelapa muda berefek pada tururnya tekanan darah serta suhu badan.Air kelapa muda mengandung ion-ion energi sebagai pengganti cairan tubuh yang hampir hilang, untuk itu tidak baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah yang rendah.

  • Minuman Beralkohol

Alkohol bersifat panas dan dapat membuat luka dan iritasi lambung, usus dan merusak jumlah sel darah merah. Ubtuk Anda yang tidak menderita hipotensi terutama yang menderita hipotensi sebaiknya jangan mengonsumsi minuman beralkohol, sebab jika anda mengonsumsinya maka tubuh akan semakin lemas dan dapat mengakibatkna pingsan karena alkohol mampu merusak sel darah merah dan mengakibatkan penyumbatan pada aliran darah menuju otak.

  • Mentimun

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mentimun merupakan makanan yang kaya akan air, vitamin dan mineral, sehingga dianjurkan untuk penderit hipertensi (tekanan darah tinggi), karena mentimun dapat menurunkan tekanan darah. Mentimun dapat memicu tekanan darah menurun sehingga menjadi rendah, untuk itu bagi Anda yang sedang menderita hipotensi (tekanan darah rendah) sebaiknya hindari konsumsi mentimun.

  • Ikan Salmon

Ikna yang satu ini sudah diketahui kebaikannya berkat kandungan omega 3 yang tinggi, untuk mengobati darah tinggi, ikan salmon memang efektif dan itu artinya ikan ini merupakan penyebab tekanan darah rendah (hipotensi). Agar tekanan darah normal batasi atau bahkan hindari konsumsi ikan salmon.

Itulah beberapa pantangan makanan penderita hipotensi yang harus Anda hindari atau batasi konsumsinya apabila Anda sedang menderita hipotensi (Tekanan Darah Rendah). Selain menghindari pantangan makanan penderita hipotensi sebaiknya Anda lakukan pengobatan dengan benar, salah satunya dengan obat tradisional hipotensi dari Walatra G-Sea Jelly Gamat 100% terbuat dari bahan alami tanpa mencampurkan sedikitpun bahan kimia. Selengkapnya Baca Disini!!!

Best regards,
Ilham Nur Rizky Muharram
Pantangan Makanan Penderita Hipotensi
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    pantangan hipotensi, pantangan makanan hipotensi, larangan makanan penderita hipotensi, makanan pantangan untuk darah rendah, makanan untuk mengatasi darah yg sering terhambat, pantangan makanan untuk penderita darah rendah, pantangan penyakit darah rendah
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.