Pantangan Makanan Penderita Peritonitis

Hati-Hati Dengan Penyakit Peritonitis!!!

Peritonitis merupakan peradangan lapisan tipis didinding bagian dalam perut (peritoneum). Peritoneum berfungsi untuk melindungi organ dalam perut, apabila dibiarkan maka penyakit peritonitis dapat menyebabkan infeksi seluruh sistem tubuh dan dapat membahayakan nyawa. Peritonitis dapat menyebabkan beberapa komplikasi, diantaranya berupa:

  • Infeksi seluruh tubuh (sepsis) menyebabkan kegagalan organ secara mendadak
  • Ensefalopati hepatik. Hilangnya fungsi otak akibat organ hati tidak mampu menyaring zat racun
  • Infeksi aliran darah (bakteremia)
  • Sindrom hepatorenal. Kegagalan ginjal progresif

Penyebab Peritonitis

Bakteri atau jamur dapat menyebabkan infeksi pada peritoneum. Peritonitis dibedakan menjadi dua jenis, berupa : peritonitis sekunder dan peritonitis primer.

  • Peritonitis sekunder merupakan peritonitis yang diakibatkan oleh penyebaran infeksi dari bagian tubuh lain. penyebabnya berupa radang panggul, penyakit crohn, pembedahan, tukak lambung, divertikulitis, luka parah pada perut, pecahnya usus buntu dan peradangan pada pankreas (pankreatitis akut)
  • Peritonitis primer yaitu infeksi yang langsung muncul pada peritoneum danterjadi akibat jaringan parut pada hati atau karena prosedur medis.

Meskipun diet tidak dapat menyembuhkan penyakit peritonitis, pola makan dapat membantu mengontrol gejalanya. Makan makanan yang tepat dapat mencegah ulserasi dan mengurangi peradangan. Dokter sering merekomendasikan menu makan disertai obat-obatan untuk mengontrol kondisi ini. Berikut beberapa pantangan makanan bagi penderita peritonitis:

Makanan dan minuman pemicu alergi

Penderita penyakit peritonitis memiliki makanan yang dapat memicu peritonitis tambah parah, dan penderita peritonitis juga mungkin mengalami makanan alergi yaitu yang menyebabkan reaksi imun. Apabila Anda sedang emnderita peritonitis sebaiknya hindari makanan alergi.

Makanan tinggi Serat

umunya sayuran memiliki kandungan serat yang lebih tinggi seperti brokoli, kembang kol, kacang-kacangan, bij-bijan. Anda mungkin akan diberi tahu untuk membatasi serat atau melakukan diet rendah residu jika Anda mengalami peritonitis.

Kacang, plum dan popcorn

Kacang, kacang-kacangan dan biji penuh dengan nutrisi. Namun, mereka tinggi lemak dan protein, yang buruk bagi pencernaan Anda yang terganggu. Ditambah makanan tersebut keras, sulit dicerna sehingga dapat mengiritasi perut Anda.

Makanan Tinggi Lemak

Makanan berlemak seperti mentega, margarin, saus krim, dan makanan yang digoreng dapat menyebabkan diare, Terutama jika Anda memiliki penyakit Crohn, Anda tidak bisa mencerna lemak normal.

Kafein dan alkohol

Alkohol dan minuman berkafein memperparah diare, sedangkan minuman bersoda sering menghasilkan gas. Cobalah untuk minum banyak cairan setiap hari. Air adalah pilihan terbaik.

Makanan pedas

Makanan pedas semacam cabai rawit, mustard, dan saus sambal dapat memperburuk gejala peritonitis. Bukan hanya itu, refluks atau kenaikan asam lambung yang disebabkan akibat makan pedas-pedas sanggup menjadi penyebab maag.

Apabila Anda sudah mengikuti Pantangan Makanan Bagi Penderita Peritonitis namun tetap saja kambuh dan tidak kunjung membaik walaupun sudah sekaligus berobat ke dokter, mungkin Anda perlu berbuat lebih banyak untuk mengatasi peritonitis yang kini sedang Anda alami. Kami sarankan Anda untuk membaca mengonsumsi Obat Tradisional Peritonitis Terbaik yang dapat membantu Anda dalam mempercepat penyembuhan peritonitis secara alami.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Pantangan Makanan Penderita Peritonitis
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.