Pantangan Makanan Penderita Sirosis

Sirosis merupakan kondisi dimana terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang (kronis). Penyakit ini berkembang secara perlahan dan mengakibatkan jaringan yang sehat digantikan oleh jaringan parut. Jaringan parut akan menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu bahkan terhenti.

Penyakit Sirosis pada umumnya yaitu jarena konsumsi alkohol yang berlebihan, serta penyakit hepatitis B dan C. Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sirosis:

  • Hepatitis

Sirosis akan muncul apabi;la hepatitis tidak ditangani dan hati akan rusak serta kehilangan fungsinya setelah bertahun-tahun.

  • Konsumsi minuman keras yang berlebihan

Alkohol merupakan salah satu jenis racun yang dapat diproses dan dihancurkan hati, namun alkohol dapat merusak dan melukai sel hati apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Penyakit Hati Autoimun

Kondisi saat sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan atau organ tubuh yang sehat. Sistem kekebalan tubuh manusia akan menyerang bakteri maupun virus saat terjadi infeksi.

  • Penyakit Keturunan

Hemokromatosis, penyakit Wilson, dan fibrosis kistik merupakan penyakit yang muncul karena faktor genetika. Hemokromatosis adalah penimbunan zat besi pada hati dan juga bagian lain dari tubuh manusia. Sedangkan penyakit Wilson adalah penimbunan tembaga pada organ hati dan bagian tubuh lainnya.

Pada tahap awal, gejala yang muncul hanya sedikit atau bahkan penderita tidak merasakan gejala apapun. Ketika sirosis bertambah parah, maka gangguan yang muncul akan makin dirasakan dengan jelas. Berikut gejala yang umum dirasakan penderita sirosis:

  • Kehilangan selera makan
  • Keletihan atau kekurangan energi
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut
  • Penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba
  • Mudah berdarah dan memar
  • Pembuluh darah kapiler akan terlihat pada kulit diatas wilayah pinggang
  • Demam dan serangan menggigil
  • Rambut rontok
  • Sakit kuning
  • Kulit terasa gatal

Pantangan Makanan / Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Sirosis

Alkohol

Alkohol tidak hanya dapat merusak fungsi hati, namun dapat merusak sistem saraf otak dan jaringan tubuh lainnya. Baik alkohol dalam bentuk minuman maupun yang terkandung dalam makanan seperti tape dan durian, itu harus dihindari.

Aneka Softdrink

Selain mengandung fruktosa yang tinggi, makanan ini sangat tidak bagus bagi kesehatan hati, bahkan minuman bersifat karsinogenik yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Minuman ini meliputi soda, minuman penambah energi, dan minuman sejenisnya.

Makanan Tinggi Lemak

Jeroan, junk food, seafood, aneka gorengan, makanan bersantan, merupakan makanan yang harus dihindari saat terkena penyakit sirosis.

Makanan yang mengandung gas

Pantangan makanan penderita sirosis lainnya yaitu makanan yang menimbulkan gas di perut sepperti kol, sawi, lobak, nangka , dll.

Makanan Olahan

Apapun jenisnya, makanan yang diolah dan dipastikan mengandung bahan pengawet kimia, sebaiknya tidak dikonsumsi saat menderita penyakit sirosis, makanan ini seperti daging olahan (sosis, abon, ham, hotdog, dengdeng, dll), makanan kaleng, jus kemasan, dll.

Disamping menghindari makanan tersebut, sebaiknya Anda melakukan pengobatan dengan benar, kami sarankan Anda untuk mengonsumsi Obat tradisional sirosis dari Walatra G-Sea Jelly Gamat 100% terbuat dari bahan alami berkhasiat yang tidak menimbulkan efek samping apapun.

Untuk Informasi lebih lengkapnya, silahkan baca disini.

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Pantangan Makanan Penderita Sirosis
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    patangan orng yg udah kna sirosis hati
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.