Pengobatan Dan Pencegahan Mata Trakoma

WASPADAI BAHAYA MATA TRAKOMA

Mata trakoma merupakan salah satu penyakit mata yang menular dan termasuk sebagai penyebab kebutaan. Mata trakoma disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis dengan lalat sebagai perantaranya. Mata trakoma ditemukan di seluruh dunia terutama didaerah pedesaan di negara berkembang, dan lebih sering terjadi pada anak-anak. Mata trakoma merupakan penyakit menular, dan dapat menular melalui kontak tangan dengan mata, benda yang terkontaminasi seperti handuk atau sapu tangan.

Irirtasi, pembengkakan serta gatal ringan pada kelopak mata merupakan gejala awal penyakit mata trakoma, namun ada gejala yang dapat dirasakan oelh penderita mata trakoma diantaranya:

  • Terjadi pembengkakan pada mata
  • Mata menjadi lebhi sensitif terhadap cahaya
  • Sakit mata
  • Mata merah
  • Meningkatnya detak jantung
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Keluar cairan dan lendir dari mata
  • Komplikasi pada telinga, hidung dan tenggorokan.

Selain gejala tersebut, penderita mata trakoma juga dapat merasakan kelopak mata terliapt ke dalam dan menyebabkan kekeruhan pada kornea, munculnya luka dan radang pada kornea (keratitis). Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan segera lakukan pengobatan dengan benar dan tepat.

Pengobatan Dan Pencegahan Mata Trakoma Yang Dapat Dilakukan

  • Memberikan Obat-obatan

Karena penyebab mata trakoma adalah bakteri, pengobatan yang paling pertama adalah memberikan obat yang mengandung jenis-jenis antibiotik dan manfaatnya. Contoh antibiotik yang dapat diberikan oleh dokter adalah tablet azithromycin yang dapat diminum sesuai aturan atau salep mata tetracylin yang dapat dioleskan pada kelopak mata.

  • Perekat di Atas Bulu Mata

Pemasangan perekat di atas bulu mata dilakukan untuk mencegah bulu mata tumbuh ke arah dalam yang menggores kornea. Dengan perekat bulu mata diharapkan meskipun kelopak mata berlipat ke dalam posisi bulu mata tidak berubah.

  • Pemutaran Kelopak Mata / Pembedahan

Pemutaran kelopak mata dilakukan dengan membuat sayatan pada kelopak mata dan mengarahkan bulu mata ke luar. Tahap ini dilakukan apabila penggunaan perekat dan pencabutan bulu mata sudah tidak dapat dilakukan.

  • Transplantasi Kornea

Jika kornea sudah mengalami kerusakan dan membuat kebutaan karena terlambat mendeteksi ciri-ciri mata tidak sehat, maka hal ini tidak dapat lagi dilakukan penyembuhan. Pengobatan hanya dapat dilakukan untuk menghilangkan bakteri C.trachomatis. Penglihatan yang sudah terlanjur tidak dapat dikembalikan. Prosedur transplantasi kornea adalah langkah terakhir namun tidak dapat langsung dilakukan. Menunggu ada donatur kornea mata.

  • Menjaga Kebersihan Diri

Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, terutama jika akan bepergian ke daerah yang endemik mata trakoma. Hal yang bisa dilakukana adalah sellau mencuci tangan dan muka.

Ketahui cara menjaga kesehatan mata paling alami dan baik. Menjaga kebersihan lingkungan, membuat sanitasi yang layak, menyediakan air bersih yang cukup termasuk salah satu cara mencegah penyakit trachoma paling efektif. Ini pula yang dilakukan WHO di beberapa negara endemik mata trakoma.

  • Vitamin Mata

salah satu cara mencegah terjadinta mata trakoma yaitu dengan menjaga asupan vitamin yang diperluakn mata, salah satu vitamin mata yang sudah terpercaya yaitu Walatra Sehat Mata Softgel yang terbuat dari bahan alami berkhasiat yang sangat tinggi akan vitamin yang baik untuk kesehatan mata.

 

Ingin mendapatkan obat tradisonal mata trakoma walatra sehat mata?? Yukk <<Klik Disini>>

Best regards,
Ilham Nur Rizky Muharram
Pengobatan dan Pencegahan Mata Trakoma
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.