Penyakit Penyebab Gangguan Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah merupakan kelenjar yang mempunyai saluran sendiri, yang memproduksi air liur. Kelenjar ini juga menyekresi amilase, enzim yang memecah karbohidrat menjadi maltosa. Kelnjar ludah terletak di bawah lidah, dan dapat terganggu jika terjadi dehidrasi, panas dalam atau penyakit lainnya.

Kelenjar ludah terdiri dari 4 pasang yakni

  • Kelenjar protid (diantara pangkal rahang dan telinga)
  • Sublingual (diantara dasar mulut dan bawah lidah)
  • Submandibular (dibawah lekuk rahang)
  • Bukal (diselaput lendir yang melapisi pipi dan mulut)

Jika kelenjar ludah terganggu, maka akan muncul tanda seperti mulut kering, nyeri, demam, kelenjar ludah membengkak, dan ludah terasa tidak enak.

Penyakit Yang Dapat Menyebabkan Gangguan Pada Kelenjar Ludah

Sialolithuasis

Penyumbatan kelenjar ludah oleh endapan kalsium berukuran kecil. Hal ini menimbulkan rasa nyeri terutama ketika sedang mengunyah, sehingga memerlukan tindakan pengangkatan endapan kalsium tersebut. Kondisi seperti ini dapat dipicu oleh dehidrasi, pengobatan yang mengurangi produksi air liur.

Sialadenitis

Infeksi bakteri yang berada dalam mulut dan lebih umum dialami oleh lansia dan bayi baru lahir. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri bagian mulut yang terinfeksi dan berlanjut dengan adanya nanah dan disertai demam. Tanpa penanganan yang tepat, infeksi akan lebih sulit untuk disembuhkan dan bertambah parah, terutama pada individu yang mengalami penurunan sistem imun.

Infeksi Virus

Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus sistemik dari bagian tubuh tertentu yang menyerang kelenjar ludah. Tanda umum dari infeksi virus yaitu pembengkakan pada wajah dan kesulitan makan.

Kista

Tumbuhnya kantong berisi cairan pada kelenjar ludah dipicu dengan trauma akibat kecelakaan, pembengkakan sialolithuasis, atau tumbuh tumor.

Tumor jinak dan ganas

Tumor pada umumnya tumbuh pada kelenjar saliva parotid, dengan gejala berupa benjolan yang cenderung tidak menimbulkan rasa nyeri. Tumor kelenjar parotid pada umumnya disebabkan oleh merokok dan paparan radiasi di sekitar wajah. Tumor ini juga bersifat jinak dengan pertumbuhan yang lambat. Namun, walaupun jarang, tumor dapat berkembang menjadi kanker sehingga memerlukan tindakan operasi.

Sialadenosis

Berupa pembengkakan terutama pada kelenjar saliva parotid, tanpa tanda peradangan, infeksi, maupun tumor. Penyebab spesifik tidak diketahui, namun kondisi diabetes dan kebiasaan konsumsi alkohol dapat memicu masalah serupa.

Sindrom Sjogren

Sekumpulan gejala yang disebabkan oleh gangguan autoimun, yang mana sistem imun sel darah putih menyerang kelenjar yang berada pada wajah.Sindrom ini lebih banyak dialami oleh perempuan dengan kondisi autoimun seperti lupus pada usia dewasa.

Beberapa ciri jika seseorang mengalami sindrom Sjogren yaitu:

♥Mulut dan mata terasa kering
♥Gigi keropos
♥Nyeri pada mulut
♥Nyeri dan pembengkakan sendi
♥Batuk kering
♥Kelelahan
♥Pembengkakan dan infeksi kelenjar saliva berulang

 

Untuk Menghindari beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gangguan pada kelenjar ludah, kami rekomendasikan dengan Obat Tradisional Gangguan Kelenjar Ludah dari Gamat Emas Kapsul Walatra. Terbuat dari bahan alami berkhasiat dan hasil formulasi para ahli kesehatan yaitu ekstrak teripang emas, madu, dan temu lawak. Yang mana obat herbal ini diformulasikan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya penyakit gangguan kelenjar ludah.

Baca Juga : Obat Tradisional Gangguan Kelenjar Ludah

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Penyakit Penyebab Gangguan Kelenjar Ludah
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 – Pin BB 5D55CD3A

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    gangguan kelenjar ludah, gangguan kelenjar ludah akibat kecelakaan
Admin Herba Meditra

Admin Herba Meditra

Pusat penjualan produk herbal walatra.